Langkah Pertama Manajemen SDM Bisnis Salon Potong Rambut

Siapa yang ingin memiliki usaha salon? atau sudah memilikinya dan ingin berkembang? Pastinya semua orang yang menekuni bisnis salon potong rambut ingin usahanya tersebut berkembang terus-menerus. Kali ini Rini ingin sedikit membagikan tips bagaimana cara mengatur SDM / Sumber Daya Manusia yang berhubungan dengan usaha salon para sahabat Rini semua.

Usaha salon yang masih kecil biasanya dikelola sendiri atau bersama keluarga sendiri dan ada juga yang dibantu oleh tenaga orang lain. Namun biasanya tugas dari setiap individu didalam salon tersebut kurang jelas dan teratur, tidak mengerti apa tugas dan tanggung jawabnya. Ada juga tingkatan yang lebih maju yaitu memiliki karyawan tetap dan lepas, namun ketika pemilik usaha ditanya apakan tugas utama dan wewenangnya kemudian sistem penggajian dan teknis lainnya yang berhubungan dengan bisnis salon potong rambut biasanya tidak dapat menjawab.

manajeman karyawan salon potong rambut

Gambaran seperti diatas adalah tanda-tanda yang tidak jelas dalam usaha salon. Sudah dapat dipastikan pemilik kurang begitu mengetahui skill dari tiap-tiap individu karyawan di salon tersebut. Siapa yang lebih unggul dan siapa yang bekerja dengan biasa-biasa saja. Hal ini dapat mengakibatkan salon anda sangat lamban untuk berkembang dan mungkin saja malah bisa menurun.

Hal demikian banyak terjadi di pengusaha bisnis salon dan kecantikan baik mereka yang baru saja buka atau bahkan sudah memiliki badan hukum seperti CV / PT, bahkan yang sudah terkenal sekalipun didaerahnya. Hal demikianlah yang menjadikan sulit berkembangnya usaha suatu salon kecantikan dan potong rambut. Jika hal ini dibiarkan maka bisa akan semakin parah. Oleh sebab itu pentingnya manajeman Sumber Daya Manusia sangat penting untuk pertumbuhan bisnis salon potong rambut di masa sekarang yang notabennya sudah banyak sekali pesaing dari mana-mana.

Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pengusaha untuk melakukan langkah manajeman SDM yang baik untuk usaha bisnis salon kecantikan dan potong rambut.
  • Perencanaan sumberdaya manusia untuk salon
  • Rekrutmen tenaga kerja salon
  • Seleksi tenaga kerja salon
  • Penilaian terhadap kinerja karyawan salon
  • Pelatihan tentang pekerjaan salon
  • Perhitungan gaji untuk karyawan salon
  • Pengorganisasian salon
  • Pengarahan tentang salon
  • Pengembangan salon
  • Pengembangan salon
  • Pengendalian karyawan salon
  • Pemutusan ikatan kerja denga karyawan salon
Poin diatas adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan manajeman SDM untuk perusahaan salon agar bisa berjalan maksimal.


Tulisan selanjutnya Rini akan berikan 3 point khusus mengenai:
  1. Perencanaan Sumberdaya Manusia
  2. Rekuritmen Tenaga Kerja Salon
  3. Motivasi Untuk Karyawan Salon
Demikian dulu informasi dari Rini, semoga dapat bermanfaat untuk para sahabat Rini.

Terimakasih sudah berkunjung

Lihat Berikutnya: Perencanaan SDM Salon

0 Response to "Langkah Pertama Manajemen SDM Bisnis Salon Potong Rambut"

Post a Comment