Personalia Receptionist Salon

Personalia dalam bisnis salon adalah siapa saja yang melakukan pemasaran dalam usaha salon tersebut. Kali ini yang Rini maksutkan untuk personalia adalah bagian receptionist. Reseptionist dalam usaha salon berperan penting dalam perkembangan usaha salon itu sendiri. Anggapan bahwa receptionist salon tidak begitu penting itu semua tidak benar, anggapan bahwa jika receptionist salon hanya menunggu saja tanpa ada kegiatan penting dalam bisnis salon itu juga tidak benar. Apalagi persaingan usaha salon yang saat ini kian marak berkembang di kota-kota besar hingga di desa berkembang.


Receptionist Salon Job

Salon modern memperlakukan seorang receptionist salon dengan banyak tugas penting. Apa saja tugas receptionist salon itu? Yang pasti mulai dari buka hingga tutup salon tersebut.
  • Absensi
  • Urusan telpon
  • Mengurus kartu pelanggan
  • Mengatur shift karyawan
  • Menjadi kasir
  • Mengisi dan menghitung tabel insentif
  • Mengatur janji pertemuan pelanggan
  • Mengecek segala fasilitas dalam salon seperti majalah
  • Pengecekan stock produk
  • Mengatur siapa petugas yang menangani pelanggan
  • Mengatur makan untuk karyawan lainnya
Seorang receptionist salon harus memahami benar karakteristik dan apa yang dimiliki oleh salon tersebut. Jangan sampai receptionist salon tidak bisa menjawab pertanyaan dari konsumen yang berhubungan dengan jasa salon potong rambut itu. Karena informasi bagi pelangkan adalah kunci pertama masuknya hati pelanggan pada salon anda, dan kunci itu terdapat pada penjelasan receptionist salon.

receptionist salon job


Jika memiliki anggaran lebih maka perlu diberikan pelatihan khusus untuk para receptionist salon tentang job pemasaran mereka. Contoh simpel yang mudah dilakukan adalah ketika seorang wanita datang ke salon anda untuk potong rambut, namun dengan ketelitian dan kecermatan receptionist salon maka receptionist salon tersebut menawarkan jasa lain seperti kramas atau creambath atau lainnya sesuai kebutuhan saat itu. jadi keterampilan dan kejelian receptionist salon memang dibutuhkan disini untuk memberikan servis yang terbaik bagi pelanggan salon. Soal penawaran itu diambil atau tidak oleh pelanggan itu nomer 2, yang pertama adalah menawarkan apa sih yang menurut receptionist salon masih dibutuhkan oleh pelanggan yang pelanggan salon itu tidak mengatahuinya.

Jangan lupa bagi receptionist salon salah satu jobnya adalah menanyakan bagaimana perasaan dan layanan salon tersebut, ini akan menjadi masukan yang paling bagus untuk perkembangan salon sahabat Rini semua.


Tips Menjadi Receptionist Salon

Menjadi receptionist salon haruslah dibutuhkan ketermpilan khusus, hal ini dumaksutkan agar pelanggan merasa puas. Contoh saja jika ada seorang wanita yang datang dan menggunakan jasa salon anda, ketika wanita itu merasa puas maka wanita itu akan menjadi pelanggan dan memberitahukan kepada teman-temannya, kemudian teman-temannya akan menjadi pelanggan salon anda dan memberitahukan lagi kepada temannya, dan begitu seterusnya. Sekarang apa saja yang harus dilakukan seorang receptionist salon?
Mau mendengarkan
Mau minta maaf
Mencarikan jalan keluar
Memberi penawaran pada pelanggan
Ramah
Murah senyum
Memiliki jiwa akrab
Humoris
Penampilan menaraik
Bahasa yang baik dan enak didengar
Mengetahui dengan benar tentang usaha salon anda

Ada satu lagi yang penting, jika receptionist salon sudah melakukan tugasnya dengan baik dan benar jangan ragu untuk memberikan bonus berupa tambahan uang atau barang untuk dia. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan terutama akan meningkatkan giat kerja dari receptionist salon itu sendiri.

0 Response to "Personalia Receptionist Salon"

Post a Comment