Sarana Dan Manajemen Pemasaran Salon

Sarana Dan Manajemen Pemasaran Salon

berifikir membuat usaha salon
Saat ini masih banyak perusahaan salon yang melakukan pemasaran serta pengelolaan manajemennya masih biasa-biasa saja seperti yang dilakukan pada umumnya. Usaha salon sering dilakukan di rumah tinggal sang pemilik salon dengan perlengkapan alat salon dan kecantikan seadanya saja. Desain ruangan dan kondisi ruangan juga seadanya atau biasa saja. Bahkan ada juga ruangan salon yang panas. Hal tersebut lah yang biasanya memnyebabkan kemacetan dalam berbisnis salon kecantikan. Yang lebih berbahaya lagi jika pemiliknya tidak tau jika keadaa sekitar ruangan salon dan manajemen pengelolaan itu tidak benar. Bukti nyata adalah jika usaha salon sahabat Rini semua sudah buka bertahun-tahun namun pengunjungnya tidak ada peningkatan yang pesat.

Pemasaran merupakan faktor yang sangat penting dalam sebuah usaha termasuk di bidang salon potong rambut dan kecantikan. Oleh sebab itu upgrade atau modernisasi memang harus perlu dilakukan terus menerus untuk perkembangan usaha bisnis salon sahabat Rini semua. Apa saja yang perlu dilakukan dalam pemantauan dalam mengelola usaha salon??
  1. Memantau lokasi / posisi bangunan
  2. Segi transportasi menuju salon sahabat Rini
  3. Lingkungan sosial sekitar
  4. Bentuk dan desain ruangan salon kecantikan sahabat Rini semua
  5. Fasilitas yang digunakan
  6. Karyawan salon
  7. Promosi
  8. Harga yang bersaing
Pengelolaan beberapa aspek diatas perlu dilakukan denga teratur dan sistematik. Jangan sampai menggunakan naluri saja. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam bisnis salon potong rambut dan kecantikan sahabat Rini perlu mencoba beberapa trik dalam langkah-langkah berikut ini.

Terimakasih sudah Berkunjung
Next: Penentuan Lokasi dan Ruang Salon
Read More
Motivasi Karyawan Salon Potong Rambut dan Kecantikan

Motivasi Karyawan Salon Potong Rambut dan Kecantikan

Seorang karyawan dalam salon potong rambut dan kecantikan miliki karya maksimal jika pekerjaannya memberikan kepuasan bagi pelanggan dan perusahaan serta karyawan lainnya. Mencapai karya maksimal tersebut seorang karyawan harus memiliki motivasi yang kuat baik secara internal maupun eksternal.

Sekarang tugas seorang pemiliki usaha salon kecantikan adalah bagaimana caranya untuk memberikan motivasi bagi setiap karyawan yang bekerja untuk anda baik salon potong rambut dan jasa kecantikan supaya bisnis salon sahabat Rini dapat berkembang dengan baik dan memberikan tingkat kepuasan bagi semua pihak internal dan eksternal.

Macam Cara Motivasi Karyawan Salon Kecantikan

Rini ingin mencoba untuk sedikit meberikan sedikit solusi tentang persoalan diatas. Lakukanlah pendekatan kepada setiap karyawan dengan menyesuaikan jabatan, tanggung jawab, dan juga karakter setiap individu karyawan.
  1. Motivasi Pendidikan Dan Latihan
  2. Motivasi Bentuk Penghargaan
  3. Motivasi Pendekatan Personal
  4. Motivasi Bentuk Bonus Uang / Barang
  5. Motivasi Bersama
  6. Kombinasi Motivasi
Mari kita simak bersama tentnag beberpa penjelasan mengenai motivasi untuk karyawan salon yang perlu sahabata Rini lakukan untuk usaha bisnis salon.

piala penghargaan kuning emas


1. Motivasi Pendidikan Dan Latihan

Pemilik salon potong rambut dan kecantikan harus membeikan kesempatan untuk setiap karyawan mendalami ilmu dan tanggung jawabnya di perusahaan salon dengan cara sekolah, pelatihan, seminar, dll. Misalnya: Seorang Shampoo boy / girl harus di berikan kesempatan untuk memasuki jenjang lebih tinggi misalnya sebagai stylist / tukang potong dan penata rambut dengan cara mengikuti pelatihan dan seminar-seminar dengan biaya yang ditanggung dari perusahaan.

Motivasi dalam bentuk pendidikan dan latihan ini akan membuat karyawan merasa dihargai dan dianggap dalam perusahaan tersebut. Diharapkan setelah selai pelatihan dan sekolah tentang hal baru, karyawan tersebut bisa kembali dan bekerja lebih baik serta profesional dalam setiap pekerjaan dan tanggung jawabnya.

2. Motivasi Bentuk Penghargaan

Sahabat Rini harus memiliki cara khusus dan memberikan penghargaan untuk karyawan yang memiliki prestasi lebih dibandingkan dengan karyawan salon lainnya. Penghargaan bisa diberikan dalam jangka waktu tertentu misalkan 3-5 tahun sekali. Penghargaaan terbsut bisa diberikan kepada karyawan yang masih tetap bertahan mungkin 5 tahun atau 10 tahun atau 15 tahun di perusahaan semua sahabat Rini. Penghargaan bisa disimbolkan dengan sektifikat atau lainnya. Motivasi dalam bentuk ini akan menginkatkan rasa bangga bagi seorang karyawan salon.

3. Motivasi Pendekatan Personal

Pemilik usaha salon dengan karyawan harus memiliki sifat orang tua. Artinya sahabat Rini harus bersikap baik kebada semua karyawan (bukan sekedar perintah saja). Pendekatan secara personal atau pribadi ini bisa meningkatkan rasa percaya diri setiap karyawan di salon kecantikan anda. Lebih banyak berdiskusi, komudikasi, serta pengarahan tenggung jawab kerja dengan dilandasi rasa kekeluargaan.

4. Motivasi Bentuk Uang / Barang

Karyawan yang mencapai target tertentu akan sangat senang jika mendapatkan bonus berupa uang atau sebuah barang. Contohnya seotang stylist potong rambut bisa mencapai target 200 orang dalam 1 minggu atau seorang shampoo boy/girl bisa mencapatkan 80 orang dalam 1 minggu atau berapapun sesuai target dan hitungan perusahaan tersebut.

Bonus tersebut bisa berupa uang atau barang misalnya emas / TV / barang lainnya. Banus ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja setiap sektor bagian dalam salon tersebut mulai dari kasir hingga manager dan hasil akhirnya adalah mengkatkan pendapatan salon kecantikan dari waktu-kewaktu.

5. Motivasi Bersama

Motivasi karyawan salon potong rambut dan kecantikan secara bersama banyak sekali jenis kegiatannya. Bisa dilakukan dengan cara outbound bersama, mengikuti seminar bersama, mengikuti pelatihan bersama, menghadirkan nara sumber dari psikolog, profesional salon, manajemen ekonomi, dll. Intinya yaitu melakukan kegiatan bersama setahun sekali untuk meningkatkan kekompakan dalam kerja kelompok utnuk mencapai target. Selain itu kegiatan motivasi bersama ini dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan wawawan dan kreativitas bersama.

6. Kombinasi Motivasi

Motivasi kombinasi ini biasanya diberikan untuk karyawan yang benar-benar menjadi superstar untuk perusahaan salon sahabat Rini semua. Motivasi tersebut diberikan dalam bentuk uang, barang, oendidikan, pembinaan, atau juga jika ada kesempatan biarkan majalah atau koran meliputnya dalam berita salon agar mendapatkan pengkuan dari masyarakat luas sehingga dia mendapatkan kebanggaan diri yang lebih dan juga bisa meningkatkan nama perusahaan sahabat Rini semua.

Terimakasih Telah Berkunjung
Lanjut ke: Sarana Salon Dan Manajemen Pemasaran
Read More